×

Tips Persiapan Mudik Lebaran

Jum'at, 05 April 2024 | 02:14:00

SEIV Paint – Mudik Lebaran adalah momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Mudik menjadi salah satu rutinitas tahunan masyarakat pada saat hari raya.

Perlu diingat bahwa pemudik harus memastikan rumahnya dalam kondisi aman demi kenyamanan dan keselamatan saat sedang melakukan mudik. Dibutuhkan persiapan dan perhatian ekstra agar terhindar dari masalah keselamatan selama perjalanan mudik.

Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan rumah saat dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik. Berikut tips meninggalkan rumah saat mudik.

Perencanaan Waktu Perjalanan

Mulailah perencanaan perjalanan dengan menentukan waktu keberangkatan yang tepat. Hindari waktu-waktu padat seperti malam sebelum Lebaran atau saat pulang dari mudik. Perhatikan juga perkiraan lalu lintas dan cuaca selama perjalanan agar dapat mengatur waktu perjalanan dengan lebih efisien.

Packing Yang Tepat

Ketika packing, pastikan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan agar tidak memberatkan kendaraan dan memudahkan dalam pengaturan barang. Selalu siapkan tas atau kotak khusus untuk makanan dan minuman agar dapat mengatur konsumsi selama perjalanan dengan lebih teratur.

Cek Kendaraan

Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan mudik dalam kondisi prima. Periksa oli, ban, rem dan segala kelengkapan lainnya secara berkala sebelum berangkat. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan darurat seperti ban serep, obat-obatan penting dan peralatan pertolongan pertama.

Istirahat dan Jaga Kesehatan

Selama perjalanan, pastikan untuk beristirahat secara berkala agar tidak mengalami kelelahan yang berlebihan. Jaga juga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup dan melakukan peregangan ringan di area istirahat.

Keamanan Rumah

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan cek semua alat elektronik yang tidak digunakan, matikan air, kompor, cabut regulator tabung gas, nyalakan lampu secukupnya. Menggunakan CCTV pengawas dan kunci pintu maupun jendela rumah.

Dengan mengikuti tips yang diberikan, dapat menjalani perjalanan mudik Lebaran dengan lebih lancar dan aman. Agar perlindungan dinding rumah tetap aman dan terjaga, gunakan Elasko dari SEIV Paint sebagai cat pelapis anti bocor pada rumah, membuat rumah aman dari cuaca panas yang terik maupun hujan deras. Sehingga membuat rasa aman saat meninggalkan rumah untuk mudik dari bebas bocor. Elasko memiliki keunggulan yaitu elastis, tahan lama, dapat menahan air dengan baik, tahan terhadap cuaca dan anti jamur maupun lumut.

 

 

Penulis: Sultan

Desain Gambar: Gilang