×

Ragam Desain Interior Menarik Dari Karya Seni Mural

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 01:32:00

SEIV Paint – Lukisan merupakan salah satu istilah yang umum yang sering terdengar di telinga. Namun, apakah sering mendengar istilah “Mural”. Berikut ini pembahasan mengenai apa itu mural beserta sejarahnya.

Mural secara istilah berasal dari bahasa Latin yaitu murus yang berarti dinding. Sementara dalam pengertian, mural adalah lukisan dinding berukuran besar yang dibuat pada dinding interior dan eksterior, langit-langit atau bidang datar lainnya.

Sejarah dan Perkembangan Mural

Melansir dari laman IMURAL, seni mural sebenarnya sudah ada sejak masa prasejarah, tepatnya sejak 31.500 tahun yang lalu silam. Hal itu sebagaimana ditemukan sebuah lukisan di goa yang berada di Lascaux, di selatan Prancis. Pada zaman itu, mural dibuat menggunakan sari buah. Hal tersebut dikarenakan zaman itu belum terdapat variasi jenis cat seperti masa sekarang. Berdasarkan catatan sejarah, Prancis merupakan negara yang paling banyak memiliki mural.

Sedangkan di Indonesia sendiri, sejarah mencatat bahwa lukisan dinding goa sudah ada sejak zaman Mesolitikum. Pada masa itu, mural difungsikan sebagai penanda bahwa pernah ada manusia yang telah menghuni dan melangsungkan kehidupan di goa tersebut.

Ditinjau dari perkembangannya, fungsi mural tidak hanya sebatas menekankan nilai-nilai estetik saja, tetapi ada yang lebih esensial dari pada hal tersebut, yaitu mengandung pesan serta kritik sosial sebagai perlawanan dan pergolakan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, mural digunakan sebagai sarana penyampaian ide, gagasan bahkan hingga sebagai media promosi dari sebuah produk tertentu serta tampilan dinding rumah yang estetik.

Ternyata mural dapat menghadirkan berbagai pilihan suasana menarik untuk meningkatkan keindahan dalam ruang interior maupun eksterior, mural dapat hadir dalam berbagai gaya, tema dan teknik. Tentunya dengan pilihan yang beragam inilah membuat karya seni mural dapat diterapkan dan disesuaikan pembuatannya.

Mural adalah karya seni lukis dengan cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen menggunakan cat atau pigmen.

Mural pada dinding rumah memiliki segudang manfaat untuk menambah penekanan gaya desain pada style hunian loh. Diantaranya dengan membuat Mural pada dinding akan menambah elemen estetika yang unik dan menarik ke dalam ruangan, membuat dinding rumah menjadi lebih menarik secara visual, dengan Mural dapat membantu memperluas tampilan visual ruangan untuk luas ruang yang lebih kecil atau terbatas dan menariknya, membuat Mural dengan warna-warna pilihan tertentu dapat meningkatkan suasana atau mood ketika berada di dalam ruangan.

Berikut adalah macam-macam mural yang menarik.

Mural Realistik: mural Realistik menciptakan ilusi gambar yang sangat mirip dengan objek aslinya yang sangat realistis dan detail. Aplikasi mural Realistik menggunakan detail dan penggunaan warna yang cermat untuk menciptakan kesan objek nyata yang mandalam. Tujuan dari mural ini adalah untuk menciptakan karya seni yang menakjubkan untuk orang yang berada di dalam ruangan dengan tingkat detail dan kenyataan visual yang tinggi.

Mural Abstrak: mural Abstrak menggunakan bentuk, garis dan warna untuk menciptakan gambar yang tidak memiliki representasi langsung pada objek atau benda nyata. Mural ini mengarah pada ekspresi dan perasaan visual. Tujuan dari mural ini adalah untuk menciptakan suasana yang unik atau menyampaikan pesan artistik yang lebih mendalam kepada orang yang berada di dalam ruangan.

Mural 3D: mural 3D menciptakan ilusi kedalaman dan dimensi sehingga gambar terlihat seperti tiga dimensi saat dilihat dari sudut tertentu. Teknik ini sering digunakan untuk menciptakan efek visual yang memukau dan dirancang untuk membuat gambar atau objek yang tampak seolah-olah muncul dari dinding atau permukaan pada ruang yang dibuat. Tujuan dari mural ini adalah mengundang orang untuk berinteraksi dengan objek mural dan berfoto dengan bagian mural yang tampak nyata.

Mural Grafiti: mural Grafiti sering ditemukan dalam bentuk mural, yang mencakup tulisan, karakter dan elemen-elemen yang mencerminkan budaya jalanan. Meskipun terkadang kontroversial, seni grafiti bisa sangat kreatif dan penuh ekspresi. Tujuan dari mural ini adalah untuk menghidupkan kembali atau mempercantik dinding ruangan pada rumah.

Mural Mosaik: mural Mosaik terbuat dari potongan-potongan kecil bahan seperti keramik, kaca atau batu yang disusun untuk membentuk gambar atau desain yang lebih besar. Mosaik mural bisa memiliki tekstur dan kekayaan visual yang unik. Mural ini disusun dan ditempatkan secara detail untuk membentuk gambar atau pola yang diinginkan. Mural ini sering digunakan sebagai tampilan dekoratif untuk menghias ruangan interior maupun eksterior.

Itulah ragam pilihan dari jenis karya seni Mural yang menarik, kalian bisa tentukan tema dan jenis mana yang sesuai dengan keinginan ya. Untuk kualitas warna mural yang indah dan menarik, gunakan Magnolite dari SEIV Paint produk cat interior dan Magnoshield dari SEIV Paint produk cat eksterior berkualitas yang dapat menciptakan hasil permukaan yang indah.

 

 

Penulis: Sultan

Desain Gambar: Anjar