×

Ampuh, Begini Cara Atasi Retak Rambut Pada Dinding

Senin, 08 Mei 2023 | 11:45:00

SEIV Paint – Dalam rumah mengalami retak dinding secara tak terduga yang bukan diakibatkan karena faktor alam seperti gempa dan banjir? Retak dinding rumah itu biasa disebut retak rambut yaitu retakan yang sangat tipis dan halus pada dinding.

Penyebab terjadinya retak rambut pada dinding ini karena proses pembangunan rumah yang tidak dilakukan secara maksimal, seperti pemilihan semen yang tidak bagus dapat mengurangi estetika dan keindahan tampilan rumah.

Bila didiamkan terus-menerus, hal ini akan membuat rusak kekuatan dinding pada rumah kalian dan dapat mengganggu estetika serta keindahan tampilan rumah.

Tenang, ada cara ampuh untuk atasi retak rambut pada dinding sebagai berikut.

  1. Kerik Lapisan Cat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk menghilangkan retak rambut ialah mengerik lapisan cat pada bagian dinding yang retak dengan menggunakan sekrap atau kape. Bila lapisan retak rambut pada dinding sudah terlalu banyak dan meluas, kupas lapisan plester atau acian hingga merata.

  1. Amplas Permukaan Dinding

Sesudah mengerik, kalian harus mengamplas dinding agar permukaan menjadi halus dan rata. Penting, cek proses pengamplasan bahan plamir benar-benar hilang.

  1. Bersihkan Dinding

Ini merupakan hal yang spele, namun penting. Kalian harus merapikan dan membersihkan permukaan dinding yang sudah diamplas dengan menggunakan lap, bisa juga menggunakan vacum. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada dinding, agar ketika melakukan pengecatan mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Lapisi Retak Halus Dengan Magnoprime

Sudah bersih dari debu maupun kotoran pada dinding, gunakan cat dasar Magnoprime untuk menutup retak halus pada dinding rumah kalian. Lakukan lapisan cat dasar Magnoprime pada retak rambut sebanyak 1 lapisan hingga merata, bila sudah tunggu hingga kering sempurna 2-3 jam.

  1. Cat Dengan Warna Yang Kalian Suka

Langkah terakhir yang kalian lakukan ialah melakukan pengecatan akhir dengan Magnolite. Banyak pilihan warna yang sesuai dengan kesukaan kalian untuk dinding rumah lebih berwarna. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan lapisan kedua hingga merata ke seluruh dinding. Kemudian, tunggu hingga kering sempurna kurang lebih 2 jam pada suhu ruang 30 °C.

Itu tadi cara ampuh untuk menghilangkan retak rambut pada dinding. Jadi, tunggu apa lagi, yuk maksimalkan perawatan dinding pada rumah kalian…

 

 

Penulis: Sultan

Desain Gambar: Anjar