×

Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Cat Interior dengan Cat Eksterior

Selasa, 28 Februari 2023 | 03:04:00

SEIV Paint – Cat merupakan elemen penting dalam sebuah dinding rumah. Cat tidak hanya memberikan warna pada dinding, tetapi juga bisa memberikan estetika dan perlindungan untuk dinding dari jamur, noda serta kondisi dari akibat cuaca. Cat bisa digunakan sebagai pelapis dinding, furnitur, pagar dan lain-lain. Untuk rumah cat dibedakan menjadi dua yaitu cat interior dan cat eksterior.

Cat interior diperuntukkan pada bagian dalam dinding yang tidak terkena atau terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung, sedangkan cat eksterior diperuntukkan pada bagian luar yang terkena atau terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung. Meski demikian, apa sebenarnya perbedaan cat interior dan cat eksterior?

Berikut penjelasan mengenai cat interior dengan cat eksterior.

Dasar-Dasar Cat Interior dan Cat Eksterior

Menurut Mark Savino, penasihat renovasi strategis di YouthfulHome, mengatakan cat memiliki empat komponen yaitu pelarut, pigmen, resin dan aditif.

Cat Interior dari SEIV Paint yaitu cat dinding interior yang terdiri dari bahan resin acrylic copolymer dengan pigmen, pelarut dan aditif. Hanya saja cat interior dikhususkan untuk di dalam ruangan dan berfungsi sebagai estetika keindahan warna.

Sedangkan cat Eksterior dari SEIV Paint yaitu cat dinding eksterior yang terdiri dari bahan khusus seperti resin full acrylic, pigmen, pelarut dan aditif. Cat Eksterior ini digunakan untuk dinding eksterior yang bisa menahan cuaca ekstrim seperti hujan dan panas.

Perbedaan Utama Cat Interior dan Cat Eksterior

Savino menjelaskan perbedaan utama antara cat interior dan cat eksterior adalah jenis resin dan aditif yang digunakan di masing-masing. Untuk cat eksterior, konsumen menginginkan sesuatu yang tahan terhadap perubahan kondisi cuaca, memudar dari sinar ultraviolet (UV) dan jamur dari kondisi lembab.

Cat Interior memiliki karakteristik dari SEIV Paint sebagai berikut.

Cat Interior dari SEIV Paint yaitu SEIV Magnolite yang memiliki karakteristik seperti daya tutup yang baik, cepat kering, tidak berbau dan tampilan halus. SEIV Magnolite ini berbahan dasar acrylic copolymer waterbase dan memiliki tampilan cat yaitu Matt.

Cat Eksterior memiliki karakteristik dari SEIV Paint sebagai berikut.

Cat Eksterior dari SEIV Paint yaitu SEIV Magnoshield yang memiliki karakteristik seperti cepat kering, tidak pudar, tahan cuaca, anti-jamur & lumut sampai 3 tahun. SEIV Magnoshield ini berbahan dasar acrylic waterbase dan memiliki tampilan cat yaitu Eggshell.

Kapan Menggunakan Setiap Jenis Cat?

Untuk pengecatan cat interior dan eksterior perlu diperhatikan jangan sampai salah aplikasi pada dindingnya. SEIV Magnolite anjuran penggunaannya yaitu untuk aplikasi interior dan cocok untuk pengecatan substrat baru atau pengecatan ulang pada dinding interior. Sedangkan, SEIV Magnoshield anjuran penggunaannya yaitu untuk aplikasi eksterior dan cocok untuk pengecatan substrat baru atau pengecatan ulang pada dinding eksterior.

Jadi, sudah tau kan perbedaan dari cat Interior dan cat Eksterior dari masing-masing fungsinya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, yuk mulai perhatikan saat melakukan pengecatan pada rumah kalian.

 

 

Penulis: Sultan

Desain Gambar: Anjar