×

Solusi Mengatasi Dinding Lembap

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:44:00

SEIV Paint – Indonesia sebagai negara beriklim tropis, memiliki curah hujan dan intensitas sinar matahari yang tinggi. Sering kali mengalami pergantian cuaca, dari hujan lebat kemudian menjadi panas terik bahkan sebaliknya.

Dari cuaca yang tidak menentu, membuat kita harus semakin waspada akan kondisi disekitar kita, salah satunya kondisi dinding rumah yang bisa saja mengalami kebocoran atau rembes pada saat hujan. Kalau kondisi seperti ini dibiarkan bisa mengakibatkan dinding menjadi lembab.

Terjadinya dinding lembap akan berdampak pada ruangan rumah seperti mulai dari tidak sedap dipandang karena warna cat yang mulai pudar atau rusak, dinding berjamur, barang atau furnitur yang bersinggungan dengan dinding ikut lembap, muncul bau tidak sedap dan cat yang mengelupas.

Dari masalah tersebut, beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan dinding lembap. Berikut adalah solusi mengatasi masalah dinding lembap pada ruangan rumah.

  1. Periksa Bagian Bangunan

Tahap pertama dalam mengatasi dinding lembap adalah memeriksa seluruh bagian bangunan untuk mengetahui penyebabnya. Periksalah atap bangunan, talang air, saluran pipa-pipa, saluran pembuangan air conditioning (AC) dan semua bagian dinding. Setelah memeriksa dan mengetahui penyebab dinding lembap, segera atasi masalah kebocoran atau rembes pada dinding sehingga dinding menjadi kering dan bebas lembab.

 

  1. Aplikasikan Cairan Fungisida atau Anti Jamur

Tahap selanjutnya adalah memberikan cairan anti jamur pada dinding. Setelah sumber kelembapan dinding sudah diperbaiki dan dinding benar-benar kering, aplikasikan cairan anti jamur pada dinding. Perlu diingat ketika melakukan pelapisan cairan anti jamur gunakan sarung tangan karet agar kalian tidak menyentuh cairan secara langsung.

 

  1. Aplikasikan Cat Waterproofing

Cara yang satu ini kalian bisa mengatasi dinding lembap dengan melapisi cat berbahan waterproof atau anti air. Cara melapisi dinding dengan waterproof merupakan salah satu cara umum yang dilakukan oleh banyak orang. Cat waterproof memiliki sifat tidak dapat menyerap air, sehingga tidak perlu khawatir bila terjadi terpaan air hujan atau rembesan air pada dinding. Penting, sebelum aplikasi cat waterproofing lakukan cat dasar atau primer dengan SEIV Magnoprime terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Lakukan Pengecatan Ulang

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dinding terlihat rapih serta indah lakukan pengecatan ulang. Langkah yang harus dilakukan adalah kelupas semua lapisan cat yang tampak berpulau atau berjamur ataupun lembap. Dempul semua bagian dinding yang tampak retak. Kemudian, lakukan amplas secara menyeluruh hingga rata. Lapiskan cat dasar atau primer dengan SEIV Magnoprime, kemudian lapiskan cat utama atau topcoat dengan SEIV Magnolite sebanyak 2 lapis agar mendapatkan warna dinding yang maksimal.

Itulah Informasi terkait solusi terhadap permasalahan dinding lembap. Hunian yang nyaman adalah impian semua orang, jangan sampai jamur tumbuh pada dinding rumah kalian. Mulai dari sekarang rawat dan jaga keindahan dinding rumah kalian yah…

 

 

Penulis : Sultan

Editor : Thony

Desain Gambar : Anjar