×

Dasar-Dasar Warna Yang Bisa Diterapkan Pada Rumah Sesuai Kesukaan Kalian

Rabu, 20 April 2022 | 11:30:00

SEIV Paint - Dunia, semua isi di dalamnya memiliki beragam warna dari warna gelap hingga terang. Setiap benda yang terdapat di Dunia memiliki unsur warna yang beragam salah satunya pada rumah. Rumah memiliki dinding interior, eksterior, plafon dan lainnya, jika dinding tersebut ingin bertahan lama maka diperlukan pengecatan agar bisa menjaga dinding tersebut dan memiliki unsur warna.

 

Untuk mengetahui pengertian warna, simak terlebih dahulu penjelasan sebelum memilih warna.

 

Apakah Sobat Seivers mengetahui ada empat (4) komponen sebelum memilih warna? Ini penjelasannya, jadi ada empat (4) hal pokok yang perlu diperhatikan sebelum merencanakan pemilihan warna pada rumah Sobat Seivers yaitu pertama, memahami warna secara mendalam sehingga Sobat Seivers dapat mengkombinasikan dan memilih warna dengan tepat.

 

Kedua, mengetahui bagaimana cara mengkombinasikan warna yang tepat. Ketiga, mengenali bermacam-macam karakter warna dan efek yang ditimbulkan. Keempat, menyadari pentingnya tema warna untuk mendapatkan suasana ruang yang Sobat Seiver inginkan.

 

Dengan memperhatikan empat (4) komponen di atas, Sobat Seivers akan lebih fokus dalam menentukan warna-warna yang tepat untuk bisa diaplikasikan pada rumah kalian. Sudah di bahas mengenai empat (4) komponen sebelum memilih warna, baru masuk ke pengertian warna.

 

Pengertian warna adalah suatu bentuk cahaya atau disebut radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari cahaya matahari yang berwarna putih murni. Terdapat tujuh (7) frekuensi gelombang cahaya diantaranya yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, warna terdiri dari warna Primer, Sekunder dan Tersier yang disebut lingkarang warna dasar (Color Ring) yang terdapat 12 warna.

 

Warna Primer merupakan warna yang tidak dapat diperoleh dari campuran warna-warna lainnya yang terdiri dari tiga (3) warna yaitu merah, biru dan kuning.

 

Sedangkan warna Sekunder merupakan warna yang diperoleh dengan mencampur dua (2) warna Primer diantaranya yaitu kuning dengan merah menjadi oranye, kuning dengan biru menjadi hijau, biru dengan merah menjadi ungu, sehingga warna Sekunder terdiri dari enam (6) warna yaitu merah, biru, kuning, oranye, hijau dan ungu.

 

Untuk warna Tersier merupakan warna yang diperoleh dengan mencampur dua (2) warna Sekunder diantaranya yaitu kuning dengan oranye menjadi kuning oranye (Golden Yellow), merah dengan oranye menjadi merah oranye (Burnt Orange), kuning dengan hijau menjadi kuning hijau (Lime Green), biru dengan hijau menjadi biru hijau (Turquoise), biru dengan ungu menjadi biru ungu (Indigo) dan merah dengan ungu menjadi merah ungu (Crimson).

 

Sehingga dalam warna Tersier terdiri dari 12 warna yaitu merah, biru, kuning, oranye, hijau, ungu, kuning oranye (Golden Yellow), merah oranye (Burnt Orange), kuning hijau (Lime Green), biru hijau (Turquoise), biru ungu (Indigo) dan merah ungu (Crimson).

 

Demikian informasi mengenai lingkaran warna dasar (Color Ring) yang terdiri dari warna Primer, Sekunder dan Tersier.

 

Untuk Sobat Seivers ingin menentukan warna pada rumah kalian jangan terlalu terpaku pada aturan karena tidak pernah ada batasan dalam memilih warna kesukaan. Jadi memilih warna tergantung dari kesukaan Sobat Seivers dan cocok untuk bisa diaplikasikan pada rumah kalian sehingga dengan warna kesukaan bisa membangkitkan Mood, perasaan dan energi bagi diri kalian.

 

Sumber: J, Budianto. (2008). Kombinasi Warna serial rumah cetakan ke-3. Jakarta: PT Prima Infosarana Media. (di akses 18 April 2022, 14.00 WIB)