×

Enam Kerusakan Cat Akibat Salah Memilih Cat Dasar

Senin, 26 Oktober 2020 | 00:00:00

seiv collection

Hal sangat penting yang harus diperhatikan sebelum proses pengecatan adalah proses persiapan pengecatan diantaranya sebagai berikut:

  1. Siapkan semua bahan dan alat pengecatan seperti: kuas, roll, kape, sikat, lap, pengaduk, sarung tangan, masker dan sebagainya. Aduk rata cat dan encerkan sesuai petunjuk.
  2. Pengecatan dinding baru harus kering sempurna, sebaiknya 28 hari setelah pengerjaan (plester dan aci), tinggal kelembaban maksimal 17% dan pH (ketebalan) maksimal sembilan centimeter (cm).
  3. Pengecatan pada dinding lama (recoating), cat yang sudah rusak sebaiknya dikelupas kemudian ratakan permukaan substrat dengan amplas sampai rata.
  4. Pastikan dinding yang akan di cat bersih, kering bebas dari debu, kotoran, minyak, oli dan sebagainya.

Setelah semua persiapan diatas dilakukan kemudian, lakukan pengecatan dasar dengan Alkali Resisting Primer yang bertujuan untuk menghilangkan sisa alkali dari reaksi semen yang masih ada dan belum sempurna. Jika dinding baru, tapi pada dinding lama pemakaian Alkali Resisting Primer memberikan manfaat merapihkan dasar pengecatan dan menutup retak rambut. Namun, pada beberapa kasus tahap tersebut diatas sudah dilaksanakan masih terjadi kerusakan cat sebagai berikut:

  1. Cat menggelembung (Blister
  2. Cat mengelupas (Flaking)                            
  3. Cat pudar (Dicoloration)                          
  4. Cat mengkristal (Efflorescene)                            
  5. Cat berjamur                            
  6. Cat bertanda air (Water Mark)                            

Hal tersebut di atas kadang-kadang masih terjadi dikarenakan menggunakan jenis cat dasar Alkali Resisting Primer dengan kualitas rendah, dimana zat penahan alkali dari semen tidak berfungsi sempurna.

                          
"SEIV Magnoprime Alkali Resistant Primer" produk cat dasar premium unggulan PT. SEIV Indonesia yang diformulasi dari bahan Full Acrylic, sehingga sangat efektif menghindari semua jenis kerusakan cat seperti di atas. Produk ini memiliki keunggulan di antara lain sebagai berikut:  

  1. Ramah linkungan                            
  2. Daya sebar luas                            
  3. Daya rekat sangat baik                            
  4. Menutup retak rambut                            
  5. Memberikan hasil maksimal untuk cat akhir                          

Lindungi dinding rumah anda mulai dari dasar pengecatan dengan "SEIV Magnoprime Alkali Resistant Primer" agar awet dan tahan lama.                         

Berikut ini video tutorial pengecatan produk cat SEIV Magnoprime Alkali Resistant Primer: